Visi & Misi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Visi Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris FKIP-UT(FKIP) unggul dalam menghasilkan pendidik bahasa inggris profesional melalui sistem pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh.

Misi Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris FKIP-UT

  1. Meningkatkan kualitas sistem penyelenggaraan dan layanan pendidikan untuk menjawab kebutuhan pendidik bahasa inggris profesional
  2. Memperluas akses pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh dalam bidang pendidikan bahasa inggris secara nasional, regional, dan internasional
  3. Menghasilkan dan mendiseminasikan temuan kajian keilmuan, teknologi, dan seni bidang pendidikan bahasa inggris untuk meningkatkan kualitas pendidik bahasa inggris.

Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris FKIP-UT

  1. Menyediakan akses pendidikan tinggi yang berkualitas dunia bagi pendidik bahasa inggris melalui penyelenggaraan berbagai program PTTJJ.
  2. Menghasilkan pendidik bahasa inggris profesional yang mampu berkiprah secara global.
  3. Memperluas akses partisipasi masyarakat dalam pendidikan berkelanjutan guna mewujudkan masyarakat berbasis pengetahuan (knowledge-based society).
  4. Menghasilkan produk-produk akademik dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa inggris, serta ke- PJJ-an.
  5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengembangan bidang kependidikan dan keilmuan bahasa inggris, serta ke- PJJ-an.
  6. Memanfaatkan dan mendiseminasikan hasil kajian bidang kependidikan dan keilmuan bahasa inggris, serta ke- PJJ-an.
  7. Meningkatkan kemitra an dan jaringan kerja sama lintas budaya untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Capaian Pembelajaran

  • Kemampuan Kerja

Lulusan Program Studi ini mampu memiliki:

  1. Karakter unggul dan wawasan yang luas, serta penguasaan kompetensi profesional yang baik sebagai guru Bahasa Inggris untuk pencapaian hasil kerja organisasi.
  2. Pengetahuan dan kemampuan akademik rumpun ilmu kependidikan dan keguruan Bahasa Inggris secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  3. Kemampuan mengaplikasikan dan memanfaatkan IPTEKS dalam penyelesaian masalah kependidikan dan keguruan bidang Bahasa Inggris serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  4. Kemampuan mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi serta data bidang pembelajaran Bahasa inggris serta mampu memberi petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok..
  • Penguasaan Pengetahuan

Lulusan Program Studi ini mampu memiliki:

  1. Ilmu kependidikan terkait dengan pengembangan peserta didik, pengembangan bahan ajar, metodologi penelitian pendidikan, manajemen berbasis sekolah.
  2. Landasan profesi keguruan meliputi pengembangan dan inovasi kurikulum, strategi pembelajaran, evaluasi pembelajaran, penelitian tindakan kelas, keprofesian guru, dan praktek-praktek keguruan.
  3. Keilmuan bahasa Inggris yang meliputi keterampilan berbahasa Inggris (Writing, Reading, Listening, dan Speaking), Linguistics, English Grammar, serta Apresiasi Sastra dalam bahasa Inggris.
  • Penguasaan Pengetahuan

Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa inggris FKIP UT mampu menunjukkan sikap ke-Tuhan-an Yang Maha Esa, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, memiliki nasionalisme, menghargai keanekaragaman sosial budaya, menghargai pendapat orang lain, memiliki kepekaan dan kepedulian sosial, taat hukum, dan bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. Selain itu, mampu menginternalisasi nilai dan norma dalam etika akademik, mengembangkan sikap positif terhadap kemandirian belajar dan pembelajaran seumur hidup, dan menciptakan kesempatan untuk meningkatkan kualitas kehidupan pribadi dan masyarakat.

Lulusan program studi ini juga terampil dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan dengan menerapkan humaniora, mengkaji implikasi dari penerapannya, menyusun deskripsi saintifik dari hasil kajiannya, menetapkan keputusan tepat berdasarkan hasil kajiannya, mendokumentasikan dan mengamankan data dan hasil kajiannya, melakukan evaluasi diri dan evaluasi terhadap pekerjaan, serta memelihara dan mengembangkan jaringan kerja, baik internal maupun eksternal.