Enter your keyword

post

PEMBUKAAN LIP-KMN Tahun 2021

PEMBUKAAN LIP-KMN Tahun 2021

PEMBUKAAN KEGIATAN PRESENTASI FINALIS LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS MAHASISWA TINGKAT NASIONAL (LIPKMN) FKIP- UT TAHUN 2021

 

TANGSEL, 03/11/2021 – Kegiatan Presentasi Finalis Lomba Inovasi Pembelajaran dan Kreativitas Mahasiswa Tingkat Nasional Universitas Terbuka (LIP KMN UT) Tahun 2021 ini dibuka oleh Dr. Ucu Rahayu, M.Sc, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Terbuka (UT) Pondok Cabe, Tangerang Selatan, tanggal 3 November 2021 melalui pertemuan maya dengan 55 Finalis LIP KMN 2021.

 

Pada pembukaan presentasi finalis LIP KMN 2021 ini dihadiri oleh 22 Direktur UPBJJ UT yang mewakili mahasiswanya sebagai Finalis, 20 orang Dewan Juri dari 10 Mata Lomba, dan 6 Perguruan Tinggi (PT) sebagai finalis yaitu mahasiswa dari Universitas Terbuka, Universitas Jambi, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Nusa Cendana Nusa Tenggara Timur, dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten. Sedangkan untuk pengumuman Juara LIP KMN UT tahun 2021 ini akan dilaksanakan pada hari Jumat, 19 November, pada acara Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) yang dilaksanakan di Universitas Terbuka.

 

Diawali dengan laporan dari Ketua Panitia LIP KMN UT Tahun 2021, Memet Casmat, menyampaikan bahwa, ”Kegiatan LIP KMN tahun 2021 ini diikuti oleh 286 mahasiswa yang berasal dari berbagai PTN/PTS se Indonesia, dengan 10 macam lomba yaitu Program Pembinaan Karakter, Literasi Pengembangan Karakter, Fotografi Aktivitas Pembelajaran pada Masa Pandemi, Seni Gerak/Tarian/Lagu untuk Pembelajaran, Explorasi Permainan Tradisional untuk Pembelajaran, Pembelajaran Inovatif, Media Pembelajaran Inovatif, Teacherpreneur Penciptaan Prototype Berbagai Produk Bernilai Ekonomis, Setting Kelas/Ruang Dengan Tema Inovatif, dan Aplikasi Pembelajaran”, ujar Ketua Panitia LIP KMN UT 2021 mengawali laporannya.

 

Ketua Panitia menambahkan bahwa, ”Adapun tujuan dari kegiatan LIP KMN UT 2021 ini adalah untuk menjalin tali silaturahmi antar mahasiswa FKIP yang berasal dari berbagai perguruan tinggi se Indonesia dan merupakan ajang mengasah keterampilan, berkreasi dan berinovasi bagi mahasiswa calon guru dalam mengajar atau mempersiapkan pembelajaran di era digital. Para mahasiswa diharapkan dapat mengambil ilmu dan manfaat yang sebesar-besarnya untuk hidupnya kelak ketika mendidik generasi muda penerus bangsa di masa yang akan datang”, demikian disampaikan Ketua Panitia mengakhiri laporannya.

 

 

Selanjutnya, dalam arahannya, Dekan FKIP menyampaikan bahwa ”Penguasaan teknologi menjadi keniscayaan bagi para guru, mahasiswa calon guru harus memiliki kompetensi yang sesuai dengan jamannya. Seiring dengan perekembanan jaman pada era revolusi industry 4.0 yang sudah mulai bergeser ke era 5.0. Maka semakin banyak kompetensi dan keterampilan yang harus dimiliki oleh para guru”, ujar Dekan FKIP Universitas Terbuka dalam arahannya saat membuka peresentasi finalis LIP KMN 2021 yang dilaksanakan secara maya ini.

 

Lebih jauh beliau menegaskan bahwa ”Seorang guru harus dapat berinovasi dan berkreasi dalam menyampaikan materi pembelajarannya, karena seorang guru akan menjadi pendidik bagi calon pemimpin, atau bahkan anda yang akan menjadi pemimpin di negeri ini pada masa yang akan datang”, ujar Dekan FKIP UT dalam sambutannya dengan penuh semagat.

 

”Kepada dewan juri kami ucapkan terima kasih telah bersedia dan berkontribusi dalam kegiatan LIP KMN 2021 ini, dan kepada panitia kami mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya LIP KMN ini. Semoga semua dedikasi yang telah dilakukan menjadi amal kebaikan di hadapan Allah SWT. Kepada mahasiswa finalis LIP KMN tahun 2021, selamat berlomba, berkreasi dan berinovasi secara sportif dan bersungguh-sungguh. Anda menjadi finalis, sesungguhnya sudah menjadi pemenang sebagai prestasi yang akan anda peroleh menjadi suatu kebanggaan bagi anda dan institusi anda serta akan menjadi pengalaman berharga dalam hidup anda. Selamat bertanding, semoga sukses dan maju bersama”, demikian disampaikan Dekan FKIP UT mengakhiri arahannya. Semoga bermanfaat.

 

Tangerang Selatan, 3 November 2021
*) Dosen Prodi Teknologi Pendidikan
FKIP – Universitas Terbuka
#MenulisCarakuMengikatIlmu

No Comments

Leave a Reply