Enter your keyword

post

PEMBUKAAN ASESMEN LAPANGAN DARING (ALD) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA (PMAT)

PEMBUKAAN ASESMEN LAPANGAN DARING (ALD) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA (PMAT)

PEMBUKAAN ASESMENLAPANGAN DARING (ALD) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA (PMAT) FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIIKAN UNIVERSITAS TERBUKA

 

TANGSEL, 23/07/2021 – Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Universitas Terbuka, Prof. Ojat Darojat, Dip.Mgt., M.Bus., Ph.D, Jumat 23 Juli 2021 melalui pertemuan maya yang dihadiri oleh Asesor Prof. Dr. Sri Wahyuni, Guru Besar pada Departemen Matematika FMIPA Universitas Gajah Mada, Yogyakarta dan Dr. Swasono Rahardjo, M.Si, Dosen pada Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Malang, Jawa Timur.

 

Pada saat pembukaan secara daring ini dihadiri juga oleh unit-unit pendukung Universitas Terbuka lainnya, hadir pada kesempatan ini adalah Kepala Pusat Layanan Bahan Ajar (PUSLABA), Kepala Pusat Pengembangan Multi Media (P2M2), Kepala Pusat Layanan Pustaka (PUSLATA), dan Kepala Unit Pelayanan Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK), Kepala Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan (PPMP), Ketua Gugus Mutu Fakultas dan Koordinator Bidang Akreditasi, Universitas Terbuka.

 

Dalam arahannya, Doktor Curriculum theory and implementation dari Simon Fraser University Kanada, 2013 ini, menyampaikan bahwa, ”Akreditasi merupakan kegiatan penilaian sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi, (Pasal 55 ayat (1) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012). Bahwa akreditasi adalah kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan Program Studi dan Perguruan Tinggi, dilakukan dengan tujuan (1) menentukan kelayakan Program Studi dan Perguruan Tinggi berdasarkan kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi; (2) menjamin mutu Program Studi dan Perguruan Tinggi secara eksternal, bidang akademik maupun non-akademik untuk melindungi kepentingan mahasiswa dan masyarakat”, jelasnya saat membuka kegiatan ini.

 

Lebih jauh profesor bidang ekonomi di UT ini mengatakan bahwa, ”Asesmen lapangan secara langsung (face to face mode) tidak mungkin dilakukan dalam waktu dekat karena adanya kebijakan Pemerintah untuk Mencegah Penyebaran COVID 19, terutama terkait physical distancing dan Pengendalian Transportasi dalam Rangka Pencegahan Penyebaran COVID 19 dan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), maka akreditasi dilakuakn secara daring (ALD). Kepada para Asesor, selamat datang dan selamat bertugas di Universitas Terbuka, walaupun perjumpaan kita secara daring, tapi hati kita tetap dekat”, demikian pria kelahiran Sumedang, Jawa Barat ini mengakhiri sambutan pembukaannya.

 

Sementara itu, diawali dengan laporan dari Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UT, Dr. Ucu Rahayu, M.Sc, menyampaikan bahwa, ”Asesmen Layanan Daring Jurusan PMAT ini dihadiri oleh para Wakil Rektor UT, Dekanat FKIP, Direktur UPBJJ Medan, UPBJJ Denpasar, UPBJJ Bandung, UPBJJ Surabaya, UPBJJ Ambon, UPBJJ Jayapura, UPBJJ Pontianak, UPBJJ Makasar, Ketua Prodi Pendidikan Matematika, para Dosen Pendidikan Matematika yang bertugas di UT Pusat, UT Surabaya, UT Bengkulu, UT Makassar, UT Semarang, dan UT Medan”, ujarnya menegaskan ketika memulai kegiatan ini.

 

Lebih jauh Dekan FKIP UT menambahkan bahwa, “Reakreditasi ini merupakan sebuah upaya untuk mendapatkan akreditasi yang lebih baik. Kami melihat Program Studi Pendidikan Matematika (PMAT) sudah melakukan berbagai upaya dan persiapan yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas, baik dalam proses pembelajaran, human resources, kegiatan penelitian, publikasi dan lain sebagainya”, demikian ungkapnya sebagai motivasi dan dukungan semangat bagi prodi PMAT dan prodi lainnya di lingkungan FKIP UT.

 

Selanjutnya, dalam mengakhiri tugasnya pada kegiatan Asesmen Lapangan Daring kali ini, Asesor memberikan rekomendasi untuk perbaikan UT ke depan, terutama rekomendasi untuk peningkatan kualitas program studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Terbuka di masa yang akan datang.

 

Acara penutupan Asesmen Lapangan Daring pada Program Studi Pendidikan Matematika (PMAT) FKIP UT ini, ditutup langsung oleh Rektor UT, pada Sabtu, 24 Juli 2021, pukul 19.00 WIB melalui dalam jaringan (daring). Turut mendukung dan menghadiri acara penutupan ini adalah para Wakil Rektor UT, unsur Dekanat FKIP, Kepala Program Studi Pendidikan Matematika dan para Dosen PMAT FKIP Universitas Terbuka.

 

Dalam arahan pada penutupan ALD dimaksud, Rektor UT menegaskan bahwa, ”Seluruh kegiatan asesmen telah dilakukan sesuai jadwal dan agenda kegiatan dalam instrumen akreditasi yang digunakan. Hal yang membedakan adalah asesmen yang dilakukan secara daring. Proses wawancara, konfirmasi data dan informasi dilakukan melalui video conference dengan modality online meeting yang tersedia. Sedangkan data dukung pelaksanan Asesmen Lapangan secara Daring telah disediakan dalam bentuk soft copy dalam sistem informasi perguruan tinggi dan untuk kepentingan asesmen lapangan, Asesor telah diberikan akses atas data dan informasi tersebut. Semoga ini menjadi awal kesuksesan dan keberhasilan Prodi PMAT FKIP dalam melayani masyarakat di bidang Pendidikan”, demikian orang nomor satu di UT ini menutup kegiatan ALD yang diselenggarakan selama dua hari ini. Semoga bermanfaat.

 

Tangerang Selatan, 24 Juli 2021
Penulis Memet Casmat
Dosen Jurusan Teknologi Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Terbuka
#Menulis Caraku Mengikat Ilmu