Enter your keyword

post

MENGENAL UNIVERSITAS TERBUKA BAGI MAHASISWA MBKM FORUM KOMUNIKASI FKIP NEGERI SELURUH INDONESIA

MENGENAL UNIVERSITAS TERBUKA BAGI MAHASISWA MBKM FORUM KOMUNIKASI FKIP NEGERI SELURUH INDONESIA

UT PONDOK CABE, 17/03/2022 – Kegiatan mengenal Universitas Terbuka, bagi mahasiswa peserta MBKM Pertukaran Pelajar Forkom FKIP, dibuka oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Terbuka (UT), Dr. Ucu Rahayu, M.Sc, yang dilaksanakan dari tanggal 17 Maret 2022, melalui link zoom meeting.

 

Pada pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh Direktur UPBJJ UT Bandung, Pekanbaru, Sorong, Kupang, Samarinda, Kendari dan Bengkulu, Ketua Prodi Teknologi Pendidikan, Pendidikan Bahasa Indonsia, Pendidikan Guru SD, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Kimia dan Pendidikan Matematika, dan mahasiswa dari tujuh perguruan tinggi yang bertatap layar dalam jaringan.

 

Diawali dengan mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan FKIP UT, Dr. Ucu Rahayu, M.Sc, dengan terlebih dahulu memberikan sambutan selamat datang dan selamat bergabung kepada para mahasiswa dari tujuh perguruan tinggi yaitu dari Universitas Mulawarman Samarinda Kalimantan Timur, Universitas Bengkulu, Universitas Halu Oleo Kendari Sulawesi Tenggara, Universitas Riau, Universitas Siliwangi Tasikmaya Jawa Barat, Universitas Papua Manokwari Papua Barat, dan Universitas Nusa Cendana Nusa Tenggara Timur.

 

Dekan FKIP menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan pertama dari FKIP UT, khususnya kegiatan pertukaran mahasiswa dari tujuh perguruan tinggi di atas yang akan mengambil mata kuliah yang ada di FKIP UT, dengan mengikuti Tutorial Online (Tuton) dan Ujian Online di UPBJJ terdekat.

 

Lebih jauh beliau menegaskan bahwa UT adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984 yang menyelenggarakan Pendidikan online dan menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi). Makna terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat).

 

Mahasiswa UT harus belajar mandiri berarti belajar secara berinisiatif sendiri, dengan ataupun tanpa bantuan orang lain, dalam belajar. Mahasiswa tidak harus mengetahui semua hal dan salah satu prinsip belajar mandiri adalah mahasiswa mampu mengetahui kapan membutuhkan bantuan atau dukungan pihak lain, kapan perlu bertemu dengan mahasiswa lain, kelompok belajar, pengurus administrasi di UPBJJ, tutor, atau bahkan tetangga yang kuliah di universitas lain. Mahasiswa mampu mengidentifikasi sumber-sumber informasi yang dibutuhkan untuk memperlancar proses belajar pada saat membutuhkan bantuan atau dukungan dari orang lain.

 

Selanjutnya adalah penjelasan tentang proses pembelajaran di UT, yang dipaparkan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Dr. Siti Aisyah, M.Pd, dengan menjelaskan tentang Kiat Sukses Mengikuti Tutorial Online (Tuton). Bahwa tuton adalah layanan bantuan belajar yang disediakan UT untuk mahasiswa, yang bertujuan untuk memantapkan hasil belajar mandiri mahasiswa. di bawah bimbingan seorang tutor sebagai fasilitator. Dengan membahas dan mendiskusikan materi perkuliahan dan hal-hal yang dianggap sulit dan sangat penting untuk dikuasai oleh mahasiswa.

 

Tuton UT akan dimulai 18 April 2022, caranya dengan memasukan Username NIM UT dan Password tanggal, bulan dan tahun lahir mahasiswa. Kegiatan tutorial yang diselenggarakan secara online (daring), memuat aktivitas asynchronous: materi pembelajaran, forum diskusi, kuis, dan tugas, dapat diakses menggunakan perangkat: smart phone, tablet, PC, laptop.

 

“Sedangkan komponen aktivitas kelas tuton yaitu Pra Sesi: Penjelasan orientasi mata kuliah, Forum perkenalan, Rancangan Aktivitas Tutorial (RAT). Sesi 1 s.d 7 yaitu Sapaan dan penjelasan sesi, Form kehadiran, Materi konsep esensial, Materi pengayaan, Forum diskusi, Latihan. Sesi 8 berisi Aktivitas Tuton seperti Sesi 1 s.d 7 dan Latihan akhir. Sesi 3, 5 dan 7 membahas Tugas Tutorial 1, 2 dan 3, terakhir Evaluasi Tuton”,_ ujar Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FKIP UT mengakhiri arahannya. Semoga bermanfaat.

 

UT PONDOK CABE, 17 Maret 2022
Penulis Memet Casmat
*) Dosen Prodi Teknologi Pendidikan
FKIP Universitas Terbuka
#Menulis Caraku Mengikat Ilmu