Enter your keyword

Kerjasama FKIP Universitas Terbuka dengan Universitas Negeri Semarang

PERJANJIAN KERJASAMA FKIP-UT DENGAN FIS DAN FIP UNNES TENTANG KERJA SAMA TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI DAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM)

 

SEMARANG, 13/12/2021 – Kegiatan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), diawali dengan sambutan Dekan FKIP-UT, Dr. Ucu Rahayu, M.Sc. Selanjutnya sambutan dari Direktur UPBJJ-UT Semarang, Drs. Moh. Muzammil, M.M. Sambutan berikutnya oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial, Dr. Moh. Solehatul Mustofa, M.A dan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Dr. Drs. Edy Purwanto, MSi. Kegiatan ini dihadiri segenap unsur Dekanat dan Program Studi terkait yaitu Pendidikan Kewarganegaraan dan Teknologi Pendidikan.

 

Penandatangan Perjanjian Kerjasama dilakukan secara terpisah, untuk Program Studi Pendidikan Kewarganegaan bertempat di Gedung Ilmu Sosial, sedangkan untuk Program Studi Teknologi Pendidikan dilaksanakan di Gedung Ilmu Pendidikan Kampus Universitas Negeri Semarang Jalan Raya Sekaran, Kelurahan Sekaran, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang.

 

Dalam perjanjian dan kerjasama ini, kedua belah pihak menyepakati dan menyetujui bahwa dalam penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat, serta Program MBKM dalam pembelajaran online.

Adapun tujuan dari PKS ini adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi melalui penguatan keunggulan komparatif (academic excellence) masing-masing perguruan tinggi; memperkaya pengalaman dan konteks keilmuan yang didapat di perguruan tinggi mitra yang mempunyai kekhasan atau wahana penunjang pembelajaran; meningkatkan kualitas layanan pendidikan di masing-masing perguruan tinggi; memperkuat dan menambah kompetensi lulusan perguruan tinggi; dan mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan soft skill mahasiswa yang kooperatif dan kompetitif di tingkat global, dan melaksanakan kerja sama program MBKM dalam pembelajaran online.

 

Sedangkan bentuk kerja sama dalam perjanjian ini meliputi kegiatan pertukaran mahasiswa (secara daring), penelitian bersama, pengembangan bahan ujian, pengembangan bahan ajar cetak, pengembangan bahan ajar interaktif, pengembangan kit tutorial, pengembangan bahan tutorial, dan bidang lain yang disepakati para pihak. Semoga penanda tanganan Perjanjian Kerja Sama ini akan dapat meningkatkan layanan kepada mahasiswa dalam pendidikan tinggi di Indonesia.