Enter your keyword

post

Kegiatan Disporseni Lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ)

Kegiatan Disporseni Lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ)

KEGIATAN DISPORSENI LOMBA MUSABAQOH TILAWATIL QUR’AN (MTQ) TILAWAH DAN MUROTAL TINGKAT NASIONAL TAHUN 2021

 

TANGSEL, 25/08/2021 – Kegiatan Disporseni Lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tilawah dan Murotal Tingkat Nasional Tahun 2021 ini dibuka oleh Dr. Ucu Rahayu, M.Sc, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Terbuka (UT) Pondok Cabe, Tangerang Selatan, tanggal 26 Juli 2021 melalui pertemuan maya dengan para peserta MTQ seluruh Indonesia dan utusan dari UPBJJ UT Layanan Luar Negeri.

 

Dalam arahannya, Dekan FKIP menyampaikan bahwa ”Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) adalah festival keagamaan Islam Indonesia yang bertujuan untuk mengagungkan Al-Qur’an. MTQ juga adalah adalah bidang lomba membaca Al-Qur’an dengan bacaan mujawwad, yaitu bacaan Al-Qur’an yang mengandung nilai ilmu membaca (tajwid), seni (lagu dan suara), dan etika (adab) membaca Al-Qur’an”.

 

 

Lebih jauh beliau menegaskan bahwa ”Walaupun Lomba MTQ dilaksanakan secara daring, di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, semoga dengan menyelenggarakan Lomba MTQ ini dapat sebagai sarana syiar dan ajang silaturahmi. Meski demikian, dengan tanpa mengurangi makna dan tujuannya, kita bisa mengambil hikmah dari pelaksanaan MTQ kali ini”, ujar Dekan FKIP Universitas Terbuka dalam sambutannya saat membuka MTQ yang dilaksanakan secara maya ini.

 

”Sedangkan hikmah dari MTQ sendiri bukan sekedar berlomba-lomba membaca, maupun menghafal Al-Qur’an. Namun lebih dari itu, kita, utamanya umat muslim perlu memahami dan menjalankan makna yang terkandung di dalam Al-Qur’an. Baik secara parsial, maupun makna dari ayat per ayat yang ada di dalamnya. Al-Qur’an sebagai petunjuk dan dalam Al-Qur’an juga tersirat beribu macam peringatan dari Allah SWT, serta janji-janji Allah SWT yang pasti akan datang. Termasuk salah satunya janji kebaikan dan pahala bagi orang-orang yang beriman di akhirat kelak. Untuk itu, melalui momen MTQ ini, saya mengajak, khususnya bagi umat muslim, mari kita jadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup”, ujar Dekan FKIP UT mengakhiri sambutannya.

 

Selanjutnya, diawali dengan laporan dari Ketua Pelaksana kegiatan Lomba MTQ Tingkat Nasional, Dr. Ajat Sudrajat, M.Pd, menyampaikan bahwa, ”Peserta Lomba MTQ Tingkat Nasional ini terbagi menjadi dua lomba, yaitu Lomba Tilawah putra dan putri dilaksanakan pada 25-26 Agustus 2021 dan Lomba Murottal dilaksanakan pada 30-31 Agustus 2021”, ungkapnya ketika memulai kegiatan ini.

 

”Peserta MTQ Tingkat Nasional tahun ini diikuti oleh 27 Perwakilan UPBJJ UT di Indonesia, di luar UT sebanyak 7 Perguruan Tinggi di Indonesia sebagai mitra UT dan diikuti juga oleh 2 wilayah Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri (PPMLN) yaitu dari Johor dan Penang. Sedangkan Dewan Juri pada kegiatan ini adalah Drs. Syaeful Mikdar, M.Pd (UT Pusat), Dr. Hasani Ahmad Said, MA. (UIN Jakarta), Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd (UNJ), Drs. Suhada, MA. (PTIQ), dan Drs. Mulyadi (UT Pusat)”, demikian disampaikan Ketua Panitia mengakhiri laporannya.

 

Ketua Panitia menambahkan bahwa, ”Untuk pengumuman Juara Lomba MTQ Tilawah dan Murottal Tingkat Nasional tahun 2021 ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 4 September 2021, pada acara Dies Natalis ke-37 Universitas Terbuka. Kepada para Juara, tetap rendah hati dan selalu bersyukur, sedangkan kepada peserta yang belum berkesempatan menjadi juara, tetap sabar dan semangat, karena MTQ bukan hanya sekedar ajang adu prestasi, akan tetapi salah satu upaya momentum untuk pengembangan pendidikan Al-Qur’an. Mari kita mengambil hikmah dari MTQ ini sebagai salah satu kegiatan ritual yang dapat memberikan pengalaman ajaran agama dan nilai luhur Islam untuk dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT”, demikian disampaikan Ketua Panitia mengakhiri laporannya. Semoga bermanfaat.

 

Tangerang Selatan, 31 Agustus 2021
Penulis Memet Casmat
Dosen Prodi Teknologi Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Terbuka
#Menulis Caraku Mengikat Ilmu

No Comments

Leave a Reply