Logo FKIP

 

 Web UT    3D UT    Sitemap            Email Chat        

Making Higher Education Open To All

FKIP-UT Menyelenggarakan Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VI Tahun 2014

Diterapkannya Kurikulum 2013 menimbulkan beberapa dinamika dikalangan insan pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan adanya pemahaman bagi kita semua bahwa kurikulum ini semata adalah untuk kemajuan pendidikan di Indonesia dan untuk membangun generasi emas. Hal inilah, salah satu di antaranya, yang melatar belakangi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan-(FKIP-UT) mengangkat tema “Kurikulum 2013 untuk Membangun Generasi Emas” yang diselenggarakan pada 29 November 2014 dalam Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VI. Tema tersebut sangat relevan dengan situasi dan perkembangan dunia pendidikan saat ini.

Pembukaan TING VI tahun 2014 ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPPMP) Kemendikbud, Prof. Dr. Syawal Gultom (mewakili Menteri Pendidikan Dasar dan Menegah dan Kebudayaan), didampingi Pembantu Rektor I Dr. Yuni Tri Hewindati dan Dekan FKIP-UT, Udan Kusmawan, Ph.D.

Selain diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Guru, TING VI ini juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan perayaan Dies Natalis ke – 30 UT yang merupakan ajang tempat bertemunya guru dari berbagai penjuru tanah air yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan profesional guru. Pemakalah yang berpartisipasi dalam kegiatan ini sebanyak 103 orang dengan perincian 33 guru dan dosen 70 dosen yang berasal dari berbagai penjuru tanah air, dan peserta yang terdaftar dalam kegiatan ini sekitar 1100 orang.

Dalam sambutannya, Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D, yang dalam hal ini disampaikan oleh Pembantu Rektor I Dr. Yuni Tri Hewindati berharap agar TING VI Tahun 2014 tidak hanya berhasil merumuskan berbagai saran masukan konstruktif dalam penyelenggaraan Kurikulum 2013, tetapi juga dapat mendorong semua pihak terkait untuk mengimplementasikan saran masukan tersebut dalam praktek pendidikan kita sehari-hari. Dalam kesempatan ini Rektor juga menyampaikan terima kasih kepada Bapak Menteri beserta jajarannya yang telah memberikan kepercayaan kepada Universitas Terbuka untuk menyelenggarakan TING.

Dalam paparannya sebagai Pembicara Kunci, Prof. Dr. Syawal Gultom menjelaskan bahwa terdapat beberapa pemikiran yang harus selalu diperhatikan para guru, yakni perubahan pola pikir, pergeseran konsep dan implementasi pedagogi, gerakan membangkitkan peran dan tanggungjawab guru, serta berpartisipasi aktif dalam membangun kultur sekolah dan juga berperan aktif dalam membangun jaringan kerjasama sekolah.

Acara dilanjutkan dengan paparan dari Rektor Universitas Negeri Jakarta, Prof. Dr. Djaali, serta paparan pemakalah lain dalam kelas-kelas paralel. Jika dilihat dari makalah yang dipaparkan, komposisi pemakalah antara guru dengan dosen telah menunjukkan perubahan yang cukup besar. Jika pada masa awal-awal TING pemakalah guru sekitar 10-20 %, maka pada TING VI tahun 2014 ini jumlah pemakalah dari guru semakin banyak. Hal ini tentu satu hal yang menggembirakan kita semua karena sumbang saran pemikiran para guru untuk mencerdaskan kehidupan bangsa selalu kita harapkan. Acara ditutup oleh Dekan FKIP-UT, Udan Kusmawan, Ph.D.

 

 

 

FKIP UNIVERSITAS TERBUKA

Universitas Terbuka
Gedung Fakultas I Lantai 3 & 4
Jl. Cabe Raya, Pondok Cabe

Pamulang, Tangerang Selatan
Banten Indonesia 15418
Telp: 021 - 7490941
ext. 2000,2001,2002,2003
Fax: 021 - 7434590

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.