Enter your keyword

post

Acara Puncak LIP-KMN 2019

Acara Puncak LIP-KMN 2019

Lomba Inovasi Pembelajaran dan Kreativitas Mahasiswa Tingkat Nasional Tahun 2019 (LIP-KMN Tahun 2019) diselenggarakan mengacu kepada standar Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang ditetapkan oleh Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Pada tahun ini, penyelenggaraan bersinergi dengan Pemerintahan Kota Tangerang Selatan sehingga para Pemenang Lomba diberi anugerah Trofi Walikota Tangerang Selatan di samping bantuan studi dari Universitas Terbuka (UT). Pada Tahun 2019, tiga program studi menjadi fokus perlombaan, yaitu PGPAUD, PGSD dan PPKn. Kegiatan lomba dimeriahkan dengan lomba Busana Fantasy Siswa SLTA se-Tangerang Selatan. Selain itu, Lomba dimeriahkan oleh Band SLTA Tangerang Selatan, Tarian Kreatif Siswa SMP DK-UT, Marching Band SD DK-UT serta beragam doorprize dan hadiah menarik dari 40 peserta Bazar Produk Kreatif Tangerang Selatan dan Bazar Buku Berkualitas.

 

Tema utama ‘Pembelajaran Inovatif di Era Industri 4.0’ diuraikan menjadi sepuluh tema LIP-KMN Tahun 2019 menurut tiga kategori PKM, yaitu: 1) PKM Karya Cipta yang mengusung tema Program Kepramukaan, Program Pembelajaran, Kepustakaan, dan Fotografi Sekolahku, 2) KMN Penerapan Teknologi, yang mengusung tema Karya Nyata Pembelajaran Inovatif Berakrakter, Setting Kelas/Ruang Tema Inovatif dan Aplikasi Pembelajaran dan akhirnya 3) PKM Kewirausahaan yang mengusung tema Teacherpreneur Penciptaan Prototipe Berbagai Produk Bernilai Ekonomis. Lomba diikuti oleh 109 mahasiswa dari 26 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia: Jakarta, Bandar Lampung, Palembang, Bengkulu, Jambi, Pekan Baru, Riau, Batam, Banda Aceh, Medan, Bandung, Cilacap, Purwokerto, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Magetan, Ponorogo, dan Kendari.

 

LIP-KMN Tahun 2019 juga merupakan wujud kontribusi FKIP-UT dalam rangka menyambut Hari Guru Nasional tanggal 25 November 2019. Oleh karena itu, acara puncak Penganugerahan Pemenang Lomba selain dihadiri  oleh mahasiswa Pemenang Utama Lomba, juga dihadiri oleh mahasiswa UT dari Serang, Bogor dan Jakarta dan para guru Tangerang Selatan.